Sabtu, 20 November 2010

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat
Pelapisan social dan kesamaan derajat dapat kita jumpai di lingkungan kita , berbagai hal dalam hal apa pun pasti tak luput dari perbedaan dalam pemberian , kesamaan , kesetaraan , pembagian yang setimbang dengan yang lainya. Mungkin semua orang tak heran dedengan semua ini karena mereka tak begitu menanggapi tetapi ada juga yang menanggapinya dan mengkritiknya. Karena bagi yang mengkritiknya hal itu sangat tidak adil terhadap semua tindakan yang akan terjadi nanti atau sesudah hal yang terjadi , mereka mau semua menadapatkan hal itu yang sama tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lainya.
Kesamaan derajat terkadang membuat orang berwibawa dan sangat disegankan di sekitar lingkungannya, tetapi ada juga yang mereka ingin sama dengan apa yang mereka rasakan. Karena mereka tak ingin diberlakukan tak adil terhadap semua yang akan dilakukan atau dilaksanakan oleh orang itu.
Pelapiasn social bias dikategorikan sebagai sebuah urutan atau tingkatan , sedangkan kesamaan derajat, sama seperti dengan pelapisan social tetapi kesamaan derajat ialah sesuatu yang bias dikatakan memiliki status, tingkatan yang sama dalam lingkungan atau daerahnya.
Dasar dasar pembentukan pelapisan sosial sebagai berikut :
1.Ukuran kekayaan
Kekayaan seseorang dapat menjadi pelapis sosialnya yang mana jika dia memiliki kekayaan yang besar ia akan mendapat pelapisan sosial paling atas dan begitu juga sebaliknya jika ia memiliki kekayan yang rendah maka di pun mendapat pelapisan sosial terendah .
Kekayaan seseorang dapat diliahat dari kebutuhan tersiaer, tempat tinggal ,cara berpakaian,gaya hidupnya maupun kebiasaan dia sehari –hari.
2.Ukuran kekuasaan dan wewenang
Seseorang yang mempunyai kekuasan maka dia akan mendapatkan pelapis teratas,begitu juga sebaliknya .
3.ukuran kehormatan
ukuran kehormatan tidak lepas dari ukuran kekayaan dan kekuasaan , orang-orang yang disegani atau dihormati dapat lapisan teratas didalam masyarakatnya,ukuran terhormat ini sangat terasa di masyarakat tradisional yang mana masyarakatnya saangat menghormati orang telah berjasa padanya dan para orang-orang tua .
4.ukuran ilmu pengetahuaan
ukuran ilmu pengetahuan ini sering dipakai masyarakat-masyarakat yang sangat menghargai ilmu,orang yang sangat menguasai ilmu ia akan mendapat pelapisan sosial teratas diantara masyarakatnya ,penguasaan ilmu ini biasanya terdapat pada orang-orang yg mempunyai gelar akademiknya, atau profesi yang dijalaninya seperti dokter.
sumber : http://akudisinidwi.wordpress.com/2009/11/23/pelapisan-sosial-dan-kesamaan-derajat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar